Tingkatkan Minat Baca, Dispuspa Gandeng Bunda Tanti dan Duta Baca

  • 2 min read
  • Aug 28, 2020

 

-Minat baca masyarakat harus selalu ditingkatkan. Salah satu strategi untuk meningkatkan minat baca adalah dengan melakukan kegiatan promosi perpustakaan. Terkait hal tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang menyelenggarakan kegiatan ‘Ngobrol Bareng Bunda Tanti Zainal Arifin dengan Dispuspa dan Duta Baca Kabupaten Magelang.’

Kegiatan dikemas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat ini dilaksanakan di Desa Pandanretno, Kecamatan Kajoran pada Jumat siang (28/08/2020). Hadir sebagai narasumber utama dalam kegiatan ini adalah Christanti Zaenal Arifin, ketua TP PKK Kabupaten Magelang; Bela Pinarsi, Kepala Dispuspa Kabupaten Magelang; Rahma Huda Putranto, Duta Baca Kabupaten Magelang.

Pada rangkaian kegiatan tersebut, Ny. Christanti Zaenal Arifin menyerahkan secara simbolis bantuan buku dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia untuk perpustakaan komunitas “Ceria” yang ada di Desa Pandanretno. Bantuan senilai Rp 50.000.000 tersebut diwujudkan dalam 500 eksemplar buku yang terdiri dari 250 judul.

Christanti Zaenal Arifin menyampaikan bahwa buku dapat menjadi sumber kekayaan baru bagi masyarakat desa. “Masyarakat desa dapat menggunakan buku sebagai sumber untuk pengembangan keterampilan,” kata Christanti.

Ketua TP PKK Kabupaten Magelang mencontohkan bahwa masyarakat dapat membaca buku tentang hidroponik kemudian menerapkannya dengan membuat hidroponik. Begitu pula dengan menyulam, ibu-ibu dapat membuat sulaman dengan mengikuti buku panduan menyulam.

Alwiyah, S.Pd.I. selaku Kepala Desa Pandanretno mengatakan bahwa Pemerintah Desa Pandanretno memiliki komitmen tinggi untuk meningkatkan daya baca masyarakatnya. Terbukti dengan adanya gedung untuk perpustakaan komunitas Ceria.

“Perpustakaan dan bantuan buku ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat desa mulai dari balita, anak-anak, ibu-ibu hingga lansia,” kata Alwiyah.

Semntara Kepala Dispuspa Kabupaten Magelang, Bela Pinarsi, menjelaskan bahwa Dispuspa akan senantiasa melakukan kegiatan promosi perpustakaan. Oleh karenanya, Dispuspa akan menggandeng Duta Baca Kabupaten Magelang untuk mensosialisaikan konsep perpustakaan berbasis inklusi sosial di wilayah Kabupaten Magelang.

Selain para narasumber, kegiatan ini juga dihadiri secara langsung perwakilan Pokja 2 TP PKK Kabupaten Magelang, pejabat struktural Dispuspa, Forkompimcam Kajoran, jajaran Pemerintah Desa Pandanretno, dan Forum Duta Baca Kabupaten Magelang.

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *