13 Ciri Kepribadian Introvert, Apa Kamu Salah Satunya?

  • 4 min read
  • Jun 12, 2020
ciri orang introvert

Suka menyendiri di kamar dan resah saat sosialisasi? Ada kemungkinan itu ciri introvert. Yuk, cari tahu ciri dan keunikan kepribadian introvert!


Introvert adalah sifat kepribadian yang selalu ada pembahasan mengenai teori kepribadian manusia. Seringkali, sifat introvert disalahpahami dengan karakteristik pendiam, malu, dan antisosial. Berbeda dengan tipe ekstrovert yang terlihat selalu ceria, bawel, dan mudah bergaul.

Menurut teori kepribadian, secara umum, orang memiliki sisi introvert dan extrovert. Sekitar 70% orang jatuh di tengah spektrum kepribadian. Artinya, mereka mempunyai sifat yang cukup seimbang.

Namun ada juga yang memiliki sisi yang lebih dominan. Tidak ada yang lebih bagus atau lebih buruk, kedua kepribadian ini unik dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Introvert yang suka dengan waktunya sendiri dan tidak banyak berbicara sering diremehkan oleh orang disekitarnya. Namun, ada alasan mengapa introvert bersikap seperti itu.

Yuk, simak artikel ini agar kamu mengetahui ciri-ciri introvert yang sebenarnya!

 

1. Lebih Produktif Kerja Sendiri

Waktu sendirian merupakan waktu penting bagi orang introvert di mana mereka dapat merasa tenang dan produktif dalam melakukan hobi dan aktivitas mereka. Kesempatan ini juga digunakan para introvert untuk berpikir kreatif dan orisinil.

Berbeda dengan extrovert di mana seringkali mereka merasa bosan dan kontraproduktif saat sendirian. Extrovert memerlukan rangsangan dari lingkungan sekitarnya agar lebih bersemangat.

2. Kadang Sosialisasi Menguras Energi

Bersosialisasi dalam suasana baru dan dikelilingi oleh orang yang tidak dikenal terkadang terasa sulit untuk kepribadian introvert. Meski begitu, banyak orang introvert dapat beradaptasi dan menjalin interaksi dengan orang lain dalam suasana tersebut.

Namun, biasanya setelah itu, mereka merasa kelelahan dan memerlukan istirahat sendiri atau dengan teman dekatnya.

3. Lebih Memilih Lingkaran Pertemanan Kecil

Setiap dari kita pernah bertemu dengan seseorang yang entah bagaimana memiliki koneksi luas dan mengenal semua orang yang kamu tahu. Ada kemungkinan besar orang ini berkepribadian extrovert.

Sebaliknya, orang introvert biasanya tidak dekat dengan banyak orang karena lebih memilih bergaul dengan orang-orang terdekat. Walau begitu, introvert biasanya loyal dan sangat menghargai teman mereka.

4. Berimajinasi

Seringkah kamu tertangkap bengong di tengah hari atau bahkan saat dalam konversasi dengan orang lain?

Ciri introvert salah satunya adalah adanya dunia batin di mana mereka dapat membiarkan pikiran mereka berkhayal mengenai hal-hal menarik dan melepaskan diri dari suasana membosankan.

5. Tidak Suka Pembicaraan Basa-Basi

Orang introvert biasanya tidak suka topik pembicaraan basa-basi. Walaupun introvert seringkali disamakan sebagai orang “pendiam”, bukan berarti mereka tidak suka dengan pembicaraan dengan topik yang mendalam atau abstrak.

Karena imajinasinya dan rasa ingin tahunya, banyak hal-hal menarik yang dapat dipertanyakan dan dibahas dengan kepribadian introvert.

6. Tidak Menyukai Pehatian yang Menyorot

Takut berbicara di depan ratusan bahkan ribuan orang? Atau gemetaran saat adanya partisipasi kelompok di sekolah? Kebanyakkan orang introvert menghadapi masalah ini loh. Tapi bukan berarti mereka tidak sanggup menaklukan kekuatiran ini.

Banyak pemain sandiwara dan pemimpin pengusahaan dengan kepribadian introvert yang sering berbicara di depan banyak orang penuh dengan rasa percaya diri.

Tahukah kamu 40% pemilik usaha di dunia ini adalah tipe introvert?

7. Orang Lain Sering Menanyakan Opini Kamu

Pembahasan dalam grup besar seperti kerja kelompok di sekolah, rapat dengan rekan kerja, atau bahkan pertemuan dengan keluar besar, selalu ada dua tipe orang.

Tipe ekstrovert yang aktif menyampaikan opini mereka dan mengambil alih pembicaraan, dan tipe introvert yang pasif dan memendam pendapat mereka. Karena hal ini, tidak jarang para ekstrovert menanyakan opini orang introvert secara langsung.

Introvert merupakan pendengar yang baik loh. Jadi, beberapa orang sering meminta saran atau nasihat mereka. Kualitas introvert yang simpatik juga memberikan rasa nyaman pada mereka.

8. Kritikal dalam Memproses Informasi

Orang introvert sering disalahpahami sebagai tipe pendiam dan membosankan saat diajak berbicara. Ini mungkin dikarenakan ciri introvert yang membutuhkan waktu untuk menganalisa informasi dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Hasilnya? Introvert sering disangka lambat atau terbelakang dalam konversasi, terutama dengan tipe extrovert yang cepat dalam bercakap.

9. Lebih Suka Menulis daripada Bicara

Introvert lebih memilih menulis apa yang mereka pikirkan daripada mengatakan pendapat mereka secara langsung.

Hal ini karena cara berkomunikasi introvert yang penuh perhatian dan memastikan detail-detail kecil disampaikan dengan benar. Dengan menulis, orang introvert dapat memikir apa yang ingin dibahas terlebih dahulu.

Karena sifat tersebut, banyak penulis ternama memiliki kepribadian introvert yang dominan. Contohnya J.K Rowling penulis buku populer “Harry Potter.”

10. Berkomitmen untuk Mencapai Target

Ciri introvert yang disiplin memudahkan mereka untuk mencapai target sasaran apapun itu. Mereka memiliki pendirian sendiri dan tidak mudah dipengaruhi oleh pandangan negatif dari lingkungan sekitarnya.

Ambisi orang introvert yang solid ini kerap menghasilkan individu yang sukses.

11. Tipe Orang yang Dapat Dipercaya

Orang introvert dapat menyimpan rahasia dengan baik. Karena karakteristik introvert yang peduli, mereka mengerti sulitnya menemukan seseorang yang benar-benar dapat dipercaya.

Oleh sebab itu, tipe introvert cocok bagi kamu yang ingin menceritakan detail pribadi dan tidak menimbulkan gosip.

12. Merasa Tersendiri di Antara Lingkungan Sekitar

Umumnya orang lebih memilih kepribadian yang pintar berbicara, penuh energi, dan dapat mengeluarkan pendapatnya. Tipe-tipe ini terlihat lebih diterima dan disukai oleh masyarakat atau paling tidak tipe yang sering diekspresikan oleh influencer atau selebriti dalam media sosial.

Pernahkah kamu merasa tersendiri dalam lingkungan tersebut karena kesulitan berkomunikasi? Atau merasa frustasi karena susah untuk menyampaikan perasaan kamu yang sebenarnya? Kalau iya, ada kemungkinan kamu memiliki kepribadian introvert.

13. Sadar Akan Detail Kecil

Seringkah kamu menyadari hal kecil yang umumnya orang lain tidak sadar? Introvert terkadang merasa kewalahan dikelilingi oleh berbagai rangsangan atau stimulasi dari lingkungan disekitarnya.

Namun, karena sifat ini, orang introvert seringkali sadar akan detail kecil yang kebanyakkan orang tidak peduli.

Menurut studi, terlihat adanya peningkatan aktivitas otak dalam tipe introvert, dibandingkan extrovert, saat memproses informasi berbentuk visual.

 

Itu dia fakta penting mengenai kepribadian introvert. Banyak juga kan keunggulan sifat introvert?

Related Post :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *